Makanan Indonesia Go Internasional

Nama : Dian Puspa Haruniasari

NPM   : 32412034

Kelas  : 2ID02

Makanan Indonesia Yang Mendunia

Keragaman masakan masakan khas Indonesia menjadi salah satu daya tarik bagi turis manca negara untuk mejadikan Indonesia sebagai tempat tujuan wisata mereka. Banyak masakan masakan khas Indonesia yang namanya sudah mendunia, antara lain:

1. Soto

Resep Soto Ayam Lamongan

Soto merupakan salah satu masakan masakan khas Indonesia yang kini sudah dikenal dunia. Makanan ini yang terbuat dari kaldu daging dan sayuran. Daging yang biasa digunakan adalah daging ayam atau daging sapi. Uniknya lagi, di Indonesia tidak hanya terdapat satu soto saja karena setiap daerah memiliki masakan soto khasnya, seperti soto Betawi untuk daerah Jakarta, soto Bandung, soto Padang, soto Banjar, coto Makasar. Soto juga memiliki nama yang beragam menurut isinya seperti soto ayam, soto babat, soto kambing.

2. Gudeg

Gudeg termasuk masakan masakan khas Indonesia yang berasal dari daerah Jogjakarta. Gudeg terbuat dari nangka muda yang dimasak dengan santan kelapa. Perlu anda tahu, masakan yang satu ini sangat diminati oleh wisatawan yang datang ke kota Jogjakarta.

3. Sate

Sate adalah makanan dengan bahan daasar daging yang dipotong kecil-kecil dan ditusukkan pada bambu serta dibakar di atas bara api. Sate disajikan bersama bumbu khasnya berupa saus yang berasal dari sambal kacang ditambah dengan kecap. Kemudian sate dapat anda santap dengan nasi hangat atau lontong sesuaikan dengan selera anda.

4. Bakso

Bakso merupakan makanan yang juga berasal dari bahan dasar daging, bedanya pada bakso ditambah dengan tepung kemudian dibentuk seperti bola. Bakso biasanya dibuat dengan campuran daging sapi giling dengan tapioka dan disajikan bersama kuah khasnya. Daerah yang terkenal dengan masakan masakan khas Indonesia berupa bakso adalah daerah Solo dan Malang. Namun, di luar daerah itupun anda dapat dengan mudah menemukan bakso karena kini sudah tersebar hampir di seluruh wilayah Indonesia.

5. Nasi Goreng
Nasi goreng baik di Indonesia maupun di negara-negara lain dapat memiliki variasi tersendiri tergantung dari daerah asal dan bumbu atau bahan yang digunakan. Variasi ini biasanya dipengaruhi oleh bahan makanan yang biasa digunakan masyarakat setempat dan pengaruh ramuan bumbu dari negara tetangga, ataupun pengaruh budaya etnik asing bawaan yang datang ke negara tersebut.
 6. Nasi Kuning
 

Nasi kuning adalah makanan khas Indonesia. Makanan ini terbuat dari beras yang dimasak bersama dengan kunyit serta santan dan rempah-rempah. Dengan ditambahkannya bumbu-bumbu dan santan, nasi kuning memiliki rasa yang lebih gurih daripada nasi putih. Nasi kuning adalah salah satu variasi dari nasi putih yang sering digunakan sebagai tumpeng. Nasi kuning biasa disajikan dengan bermacam lauk-pauk khas Indonesia. Dalam tradisi Indonesia warna nasi kuning melambangkan gunung emas yang bermakna kekayaan, kemakmuran serta moral yang luhur. Oleh sebab itu nasi kuning sering disajikan pada peristiwa syukuran dan peristiwa-peristiwa gembira seperti kelahiran, pernikahan dan tunangan. Dalam tradisi Bali, warna kuning adalah salah satu dari empat warna keramat yang ada, disamping putih, merah dan hitam. Nasi kuning oleh karena itu sering dijadikan sajian pada hari raya Kuningan.
7. Pecel Lele

Pecel lele (atau Pecek lele) di Indonesia adalah nama sebuah makanan yang terbuat dari ikan lele. Biasanya yang dimaksud adalah ikan lele yang digoreng kering dengan minyak dan lalu disajikan dengan sambal lalapan. Lalapan biasa terdiri dari kemangi, kubis, ketimun, kacang panjang dan sambal.
8. Kethoprak

Ketoprak adalah salah satu jenis makanan khas Indonesia dengan menggunakan ketupat yang mudah dijumpai. Biasanya ketupat dijajakan menggunakan kereta dorong di jalan-jalan atau di kaki lima. Komponen utamanya adalah tahu, bihun, ketimun, tauge dan bisa juga pakai telur rebus yang dilengkapi dengan saus kacang, kecap, dan taburan bawang merah goreng. Dapat pula dihidangkan dengan tambahan kerupuk atau emping melinjo. Beberapa versi ada pula yang menyertakan tempe sebagai komponennya.
 
9. Siomay

Dalam masakan Indonesia terdapat berbagai jenis variasi siomai berdasarkan daging untuk isi, mulai dari siomai ikan tenggiri, ayam, udang, kepiting, atau campuran daging ayam dan udang. Bahan untuk isi dicampur dengan sagu atau tapioka. Siomai juga tidak lagi dibungkus dengan kulit dari tepung terigu. Telur ayam dan sayuran seperti kentang, peria, dan kubis dengan isi atau tanpa isi juga dihidangkan di dalam satu piring bersama-sama siomai. Tahu bakso (tahu isi) juga termasuk ke dalam jenis siomai. Siomai (siomai bandung) dihidangkan setelah disiram saus kacang yang dibuat dari kacang tanah yang dihaluskan dan diencerkan dengan air. Bumbu untuk saus kacang antara lain cabai, gula pasir, bawang putih, garam dapur, dan cuka atau jeruk limau. Sewaktu disajikan, siomai bisa diberi tambahan kecap manis, sambal botol, atau saus tomat
10. Gado-Gado
Gado-gado adalah salah satu makanan yang berasal dari Indonesia yang berupa sayur-sayuran yang direbus dan dicampur jadi satu, dengan bumbu atau saus dari kacang tanah yang dihaluskan disertai irisan telur dan di atasnya ditaburkan bawang goreng. Sedikit emping goreng atau kerupuk (ada juga yang memakai kerupuk udang) juga ditambahkan. Gado-gado dapat dimakan begitu saja seperti salad dengan bumbu/saus kacang, tapi juga dapat dimakan beserta nasi putih atau kadang-kadang juga disajikan dengan lontong.

Dengan kekayaan kuliner di Indonesia selain yang disebutkan di atas seperti batagor, mushroom food, nasi timbel khas Indonesia dengan beribu masakan masakan khas Indonesia di masing-masing daerah akan mampu menjadi negara tujuan wisata kuliner sejati.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s